Tepatnya pada hari kemarin (26 Agustus 2021), Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan UKIM yang di ketuai oleh Clinton.I. Sipahelut dan rekan-rekan fungsionaris bersama-sama dengan Bapak/Ibu Dosen Program Studi Keperawatan UKIM melakukan kegiatan Bahkti Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Negri Allang. Pada pukul 07:30 Wit seluruh peserta kegiatan melakukan perjalanan dari kampus UKIM dengan menggunakan BUS kampus untuk menuju Negri Allang dan tiba di negri Allang pada pukul 08:40 Wit, kemudian seluruh peserta kegiatan melakukan persiapan di balai Sekretariat Negri Allang dan pada pukul 09:00 Wit kegiatan dimulai.

Dalam kegiatan ini, dihadiri langsung oleh masyarakat Negri Allang dan juga siswa/siswi SMP Kristen 1 Leihitu Barat dan SMA Negeri 5 Leihitu Barat yang berasal dari Negri Allang yang sangat antusias dalam menerima kedatangan dan mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatannya dibuka dengan melakukan upacara pembukaan di Balai Sekretariat Negri Allang dan dihadiri langsung oleh Sekretaris Negri yang mewakili Raja Negri Allang dalam memberikan sambutannya dalam upacara pembukaan. Setelah itu, ketua Tim Dosen memberikan sambutan mewakili Bapak Dekan Fakultas Kesehatan UKIM B. Talarima, SKM, M.Kes sekaligus membuka dengan resmi kegiatan PKM dan Bahkti Sosial di negri Allang.

Setelah upacara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang pertama yaitu sosialisasi Kebersihan Organ Genitalia pada remaja oleh Bapak/Ibu Dosen dan sasarannya adalah siswa/siswi SMP dan SMA, untuk masing-masing kategori dihadiri kurang lebih 20 orang dengan mengisi daftar hadir yang telah disediakan di meja pendaftaran. Dalam proses sosialisasinya berjalan dengan lancar dengan berbagai pertanyaan yang ditanyakan langsung oleh siswa/siswi tersebut terhadap materi yang di berikan oleh bapak/ibu Dosen. Kemudian pada kegiatan yang kedua yaitu pengenalan Fakultas Kesehatan UKIM kepada Siswa/siswi SMA dan juga SMP yang sedang mengikuti kegiatannya, yang dibawakan langsung oleh Ledrik. K. Laimeheriwa selaku Ketua Bidang 1 SMF-Kesehatan UKIM.

Seluruh rangkaian kegiatannya berjalan dengan baik dan lancar serta tetap menaati protocol kesehatan, dan pada kegiatan selanjutnya yaitu sosialisasi Penyakit Tidak Menular atau PTM oleh Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan UKIM, dengan 3 materi yaitu Diabetes Melitus, Asam Urat dan Hipertensi yang sasarannya adalah orang Dewasa dan Lansia/Lanjut Usia. Sosialisasinya dilakukan secara Panel dan materi pertamanya diberikan oleh Clinton.I.Sipahelut dengan materi Diabetes Melitus setelah itu, materi kedua oleh Frans Kainama dengan materi Asam Urat kemudian yang terakhir materi Hipertensi oleh Ledrik.K.Laimeheriwa. Ketiga materi tersebut dibawakan secara panel setelah itu masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan sesuai dengan apa yang mereka alami selama ini, ada beberapa penanya yang sangat antusias dengan materi yang diberikan dan dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh masing-masing penanya tersebut. Kemudian pada akhir dari kegiatan sosialisasi ini, masyarakat yang mengikuti sosialisasi diberikan pelayanan ringan yaitu pemeriksaan TTV (Tanda-Tanda Vital) oleh Bapak/Ibu dosen dan beberapa Mahasiswa kepada masyarakat yang melakukan pemeriksaan.

Setelah itu kegiatan sosialisasinya selesai dan seluruh masyarakat dihimbau untuk kembali ke rumahnya masing-masing agar menghindari kerumunan dan tetap mematuhi protocol kesehatan. Begitupun dengan bapak/ibu dosen dan mahasiswa yang berjeda sejenak. Kemudian, pada pukul 14:00 Wit seluruh mahasiswa bersama dengan ibu-ibu warga setempat dan remaja negri Allang melakukan Aksi Bersih di Pantai, dan akhir dari Aksi Bersih ini Mahasiswa dan Ibu-ibu warga serta Remaja melakukan sesi foto-bersama sebagai tanda bahwa seluruh rangkaian kegiatan telah selesai, setelah itu semuanya kembali ke rumahnya masing-masing dan seluruh mahasiswa berkumpul untuk melakukan perjalanan balik dari Negri Allang ke kampus UKIM.