230 Mahasiswa Keperawatan Praktik Lapangan di Puskesmas Lateri

Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan UKIM melakukan praktik belajar lapangan terhadap 230 mahasiswa yang dibagi ke 11 pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan caregiver serta analisis situasi terkait penggunaan kontrasepsi dan pemeriksaan IVA. 

Ns. Sinthia Maelissa, M.Kep selaku Ketua Program Studi Keperawatan menuturkan bahwa mahasiswa yang turun praktik ini merupakan bagian dari kurikulum program studi keperawatan untuk menerapkan dan mengaplikasikan asuhan keperawatan jiwa dan maternitas di Komunitas. 

Ns. Evi Souhaly selaku Kepala Puskesmas Lateri merespon positif praktik ini dan memberikan dukungan dengan dibantunya Pemegang Program Jiwa serta Pemegang Program Kesehatan Ibu dan Anak untuk memfasilitasi proses mahasiswa di lapangan untuk berkoordinasi dengan kelurahan dan keluarga pasien. 

Kegiatan yang dimulai tanggal 28 November sampai 01 Desember 2022 dikoordinasi oleh empat dosen yaitu Ns. Fandro A. Tasijawa, M.Kep, Ns. Dian Th. Sopacua, M.Kep, Ns. Westy Tahapary, M.Kep, dan Ns. Devita Madiuw, M.Kep dengan tujuan untuk mensinkronkan antara teori di kampus dan pengalaman langsung di lapangan. Hal ini diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya kualitas mahasiswa terutama dalam mengaplikasikan asuhan keperawatan jiwa dan maternitas yang telah dilatih sebelumnya di laboratorium.